Alasan Mengapa Alat Safety Masker Kain Tidak Boleh Dipakai Lebih dari 4 Jam

Alasan Mengapa Alat Safety Masker Kain Tidak Boleh Dipakai Lebih dari 4 Jam

Alat safety masker – Sesuai dengan rekomendasi WHO, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, masyarakat direkomendasikan untuk memakai alat safety yang berupa masker agar tercegah paparan Virus Corona. Jenis masker yang direkomendasikan adalah masker kain. Mengapa bukan jenis masker bedah dan masker N95?

Alasannya adalah karena kedua jenis masker ini diprioritaskan untuk tenaga medis, terutama nakes yang lebih berisiko terpapar virus Corona akibat berkontak langsung dengan para pasien positif Corona. Jika masyarakat awam saja mengenakan jenis masker yang sama dengan jenis masker yang dipakai oleh nakes, dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan. 

Seputar Alat Safety Masker Kain

Masker kain yang kini banyak dijual di toko alat safety ini sudah memenuhi standard yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan RI dan WHO asal dibuat dengan tiga lapis bahan.

Masing-masing bahan ini adalah bahan yang berbeda. Lapisan terluar berupa lapisan kain anti-air, lapisan tengah berupa kain berbahan microfiber melt-blown, dan lapisan terdalam adalah kain biasa. \

Baca Juga: Tahap Pembangunan Jalan Beton di Kawasan Tropis

Nah, dari jenis bahan inilah, masker kain diklaim tidak seaman jenis masker bedah dan masker N95 yang jelas-jelas sangat aman. Dan perlu kita ketahui bahwa masker kain dapat dipakai berkali-kali asal dicuci terlebih dahulu. Kemudian, masker kain wajib diganti dengan masker kain yang baru jika sudah dipakai maksimal 4 jam. 

Alasan Mengapa Masker Kain tidak boleh Dipakai Lebih dari 4 Jam

Mengapa masker kain tidak boleh dipakai lebih dari 4 jam? Berbeda dengan masker medis 2 lapis, masker medis 3 lapis, dan masker N95, masker kain dinilai kurang efektif dalam memfilter droplet yang mengandung virus Corona.

Kemudian, dari jenis bahan yang digunakan, masker bedah dan masker N95 terbuat dari bahan anti-air, sedang masker kain terbuat dari bahan yang mudah menyerap cairan. 

Meski tak seefektif masker bedah dan masker N95, pemakaian masker kain diklaim lebih baik dalam menangkal virus Corona daripada tidak memakai masker sama sekali.

Namun dengan catatan ya, pakailah masker kain secara benar. Selain itu, rutin ganti masker setiap 4 jam sekali agar kita aman dari risiko terpapar virus Corona. 

Tips Memakai Masker Kain dengan Benar

Nah, berikut kami bagikan tips singkat memakai masker kain yang benar dan efektif cegah menularnya virus Corona: 

  • Memilih masker kain sesuai dengan bentuk dan ukuran wajah. Tujuannya adalah agar masker dapat menutup hidung, mulut, dan dagu secara keseluruhan
  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh dan memakai masker
  • Tidak menyentuh masker ketika masker sedang dipakai. Apabila Anda ingin memperbaiki masker kain yang masih dipakai, cuci tangan terlebih dahulu baru kemudian boleh memperbaiki posisi masker
  • Setelah dirasa selesai memakai masker, lepaskan masker kain dari pengaitnya terlebih dahulu, kemudian cuci masker kain dengan sabun, atau bisa juga rendam masker kain dengan air panas dengan suhu minimal 130 derajat Celcius
  • Buang masker apabila masker kain sudah rusak atau sobek

Cara Cegah Covid selain dengan Memakai Masker

Selain rutin memakai masker kain, kita juga wajib melakukan pencegahan penularan Covid19 dengan cara berikut:

  • Sering mencuci tangan dengan sabun lalu bilas dengan air bersih yang mengalir. Cuci tangan selama 20 detik. Jika di lokasi Anda berada tidak tersedia tempat cuci tangan, Anda boleh menggunakan hand sanitizer sebagai gantinya. Pilih produk hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%
  • Tutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin. Ingat, jangan tutup mulut dan hidung dengan menggunakan tangan, melainkan dengan lipat siku dalam atau dengan tangan yang sudah dilindungi dengan tisu
  • Tidak menyentuh area hidung, mata, dan mulut dengan menggunakan tangan yang dalam kondisi atau tangan yang belum dicuci tangan
  • Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, terlebih lagi ketika berada di luar rumah
  • Tida keluar rumah jika memang tidak perlu. Bekerja dan sekolah kini bisa dilakukan di rumah
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air putih, mengkonsumsi vitamin dan suplemen, tidur cukup, tidak stress, dan berolahraga secara teratur.

Demikian informasi singkat mengenai penggunaan masker kain yang sebaiknya tidak dipakai lebih dari 4 jam. Jika Anda ingin menambahkan informasi yang bermanfaat seputar topik yang sama, silahkan bisa langsung tulis di kolom komentar di bawah ini. 

Selama masa pandemi ini, sudah seharusnya kita mematuhi prosedur kesehatan Covid19. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menerapkan 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain demi keselamatan diri sendiri, kita lakukan 3M ini juga demi keselamatan orang lain, terutama keluarga tercinta dan orang-orang di sekitar kita. 

Apabila Anda mengalami gejala Covid19, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit terdekat. Ingat, selalu kenakan masker dan menjaga jarak selama Anda berada di rumah sakit. Salam sehat.