Cara Membersihkan Toilet di Saat Pandemi

Cara Membersihkan Toilet di Saat Pandemi

Saat pandemi seperti saat ini, virus covid-19 menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan toilet dan perhatikan cara membersihkan toilet. Toilet yang sehat harus dijaga kebersihannya agar terhindar dari berbagai virus yang tengah berkembang.

Sudah bukan menjadi barang asing jika toilet menjadi salah satu tempat berkembangnya berbagai jenis penyakit. Di tengah pandemi seperti ini, tentu saja Anda harus melakukan pembersihan secara lebih ekstra. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara membersihkan kamar mandi atau toilet lho

Cara Membersihkan Toilet

Cara Membersihkan Toilet
source: Pexels/rawpixel.com

Kurangi Barang Tidak Berguna di Toilet

Untuk menjaga toilet tetap bersih, singkirkan berbagai barang yang ada di toilet jika tidak digunakan. Selain untuk membuat ruangan lebih luas dan lapang, dengan menyingkirkan barang-barang tidak berguna ini bisa mencegah kuman bersarang di sana.

Gunakan barang-barang yang memang benar digunakan saja. Banyaknya barang yang menumpuk di kamar mandi bisa menjadi sarang nyamuk lho. Jika ada botol sampo atau sabun yang tidak terpakai, segeralah buang sebelum menumpuk. Jangan lupa juga untuk membuang sampah.

Membersihkan Kloset WC dengan Mudah 

Pertama-tama, area terpenting untuk membersihkan toilet adalah bagian dalam kloset yang biasanya kotor, khususnya di bagian lubang pembuangan.

Sederhana sekali cara membersihkannya, siram toilet dengan air sampai bersih. Lalu, taburkan deterjen di bagian dalam sesuai kebutuhan. Anda dapat menggunakan berbagai jenis pembersih toilet, termasuk cairan, gel, atau bubuk. Lalu, diamkan beberapa menit.

Ada banyak cairan pembersih yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Tetapi ada juga banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan berbagai noda di kloset, misalnya adalah baking soda.

Selain membersikan kloset, hal penting yang harus dilakukan adalah sedot WC. Anda bisa menggunakan berbagai jasa sedot WC Jakarta atau sesuai daerah Anda untuk membersihkan saluran pembuangan dengan cepat dan lebih efektif. Jika penampungan ini bersih, maka bisa terhindar dari berbagai jenis penyumbatan.

Membersihkan Bagian Luar Kloset

Cara membersihkan kloset bagian luar yaitu dengan menyemprotkan air ke bagian luar toilet, seperti pipa pembuangan. Juga termasuk pada tombol flush, dll pada seluruh permukaan. Setelah itu, terus lakukan hal yang sama. Sesudah itu, gunakan handuk lembut khusus untuk membersihkan dudukan toilet. Untuk pijakannya biarkan saja agar mengering sendiri.

Baca juga: Contoh Media Promosi Online dan Offline, Pemula Wajib Coba

Membersihkan Bagian Dudukan Kloset

Dudukan kloset seringkali rawan sekali menjadi penumpukan bakteri dan kuman, sehingga Anda perlu untuk melakukan pembersihan rutin. Dudukan kloset harus dibersihkan agar tidak ada bakteri berbahaya yang menempel ke kulit Anda.

Cara yang cukup mudah untuk membersihkan kloset ini adalah dengan menggunakan cairan pembersih atau karbol. Anda bisa membelinya di minimarket dengan banyak variasi di dalamnya. Pilihlah juga jenis pembersih yang mengandung disinfektan.

Ketika membersihkan, jangan lupa untuk mengenakan masker dan pelindung tangan jika bahannya keras dan berbahaya untuk kulit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi di kulit.

Membersihkan Bagian Dalam Kloset

Hal yang penting dan krusial dalam kloset adalah membersihkan bagian dalam kloset. Bagian dalam dari kloset bisa dibersihkan dengan cara digosok atau disikat. Jangan lupa untuk memberikan cairan pembersih.

Selain menggunakan cairan pembersih yang banyak tersedia di berbagai minimarket, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami. Bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan toilet adalah soda kue, soda api, garam batu, dan lain sebagainya.

Setelah membersihkan kloset, Anda harus membersihkan diri. Jangan lupa cuci tangan agar tidak ada bakteri yang menempel ke tangan setelah membersikan kloset.

Membersihkan toilet secara rutin adalah seuatu bentuk kewajiban. Jika tidak rutin dibersihkan, bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Banyak penyakit yang bisa muncul karena penggunaan kloset yang tidak bersih. Apa saja jenis penyakit yang bisa muncul dari toilet yang kotor?

Penyakit Akibat Toilet yang Kotor

Cara Membersihkan Toilet di Saat Pandemi

Infeksi Salmonellosis

Infeksi Salmonellosis atau Salmonella adalah penyakit yang dikarenakan bakteri Salmonella. Bakteri biasanya hidup di usus hewan dan manusia dan kemudian dikeluarkan lewat feses. Bakteri ini bisa ditemukan di air kotor bekas pembuangan kotoran, termasuk toilet. Dengan demikian, jika toilet tidak dibersihkan secara rutin bisa membuat bakteri ini bersarang di toilet.

Gejala penyakit ini adalah demam mual, muntah, sakit kepala, kram perut, diare, , dan ada darah pada tinja. Anda harus rajin membersihkannya agar tidak terjadi penyebaran bakteri ini.

Infeksi Shigellosis

Infeksi Shigellosis atau Shigella adalah penyakit usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella. Gejalanya meliputi demam tinggi, diare, dan ada darah pada tinja. Bakteri Shigella dapat menyebar dengan cepat jika bertemu dengan berbagai bakteri di kloset. 

Selain itu, toilet yang kumuh juga bisa menyebarkan virus gastroenteritis dan infeksi giardia. Ketiga penyakit ini sangat mudah menular, oleh karena itu Anda harus rajin membersihkan toilet.

Demikian tadi beberapa cara untuk membersihkan toilet agar terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat!