10 Perusahaan Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia

Daftar 10 Perusahaan Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia

Sarana paling penting dalam pengiriman barang dengan angkutan kapal adalah kontainer. Biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang saat akan dikirim melalui jalur laut. Baik itu barang untuk kepentingan impor dan ekspor. Di dunia ada 10 perusahaan kapal kontainer yang merajai transportasi angkutan kapal laut.

Perusahaan yang mengirimkan peti kemas ini tentu mengutamakan standar keamanan barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Terutama dilihat dari peralatan dan perlengkapan kapal yang tersedia lengkap. Simak ulasan berikut ini, check this out!

Mengintip 10 Perusahaan Kapal Kontainer Terbesar di Dunia

Armada Kapal Perusahaan Pelayaran
(www.pp3.co.id)

Dari semua perusahaan perkapalan didunia, ada beberapa perusahaan kapal kontainer yang berkembang pesat.

1. Perusahaan Kapal Kontainer NYK

Nippon Yusen Kabushiki Kaisha atau sering disebut NYK merupakan salah satu perusahaan kapal terbesar di dunia. NYK menyediakan kargo dengan berbagai ukuran yang beroperasi secara internasional. Bahkan cakupan area yang sering dilalui kapal NYK tidak sebatas satu benua saja.

Tentunya Anda pasti sering menemukan kapal-kapal mengangkut kargo dan terpampang logo NYK. Ukuran kapal yang dimiliki NYK rata-rata sedang hingga besar. Faktanya NYK merupakan perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 1870an.

2. Evergreen Marine Corporation

Siapa sih yang tidak mengenal perusahaan perkapalan bernama Evergreen Marine Corporation. Anda tentu tidak asing lagi dengan banyaknya truk kontainer yang melintas dijalanan dengan warna hijau dan tertulis Evergreen.

Tahukah Anda ternyata Evergreen didaulat menjadi salah satu perusahaan perkapalan terbesar di dunia. Pasalnya Evergreen Marine Corporation sudah didirikan sejak tahun 1968 oleh Dr Yung – Fa Chang dari China.

Perusahaan ini juga menyediakan jaminan barang hilang, rusak, dan basah. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini Evergreen merajai armada angkutan laut di dunia.

3. Perusahaan Kapal Kontainer CMA-CGM

CMA CGM adalah perusahaan pelayaran yang berbendera Prancis. CMA CGM sangat terkenal dan banyak digunakan hingga ke pelosok Indonesia. Perusahaan kapal kontainer ini telah berdiri sejak tahun 1978 yang mulanya dipimpin oleh Mr. Jacques Saade.

Sejak awal beroperasi sudah mengutamakan keselamatan dan keamanan barang sampai ke tujuan. Sehingga barang-barang yang dikirim ekspor dan impor selamat ke pelabuhan tujuaannya.

Perusahaan kapal kontainer CMA CGM diketahui memiliki armada melebihi 350 kapal. Rute yang dilalui cakupannya sangat luas hingga antar benua. Kapal-kapal kontainernya mampu menjangkau 150 rute global lebih.

4. Maersk

Salah satu perusahaan pelayaran yang basisnya berada di Denmark. Perusahaan kapal induk yang berada di Denmark legalnya bernama AP Moller Maersk Company. Sedangkan perusahaan cabangnya yang beroperasi di beberapa negara yakniMaersk Shipping Line.

Maersk tidak hanya menyediakan kapal kontainer saja tetapi juga kapal muatan dan penumpang. Namun, sejauh ini armada yang paling banyak digunakan adalah kapal kontainer.

Awal berdirinya Maersk Line dalam wilayah pelayaran internasional yakni tahun 1904. Diketahui Maersk Line kini mempunyai armada mencapai 500 kapal kontainer dan masing-masing kapasitasnya sekitar 19000 TEU (Twenty – Foot Equivalent Units).

5. The Mediterranean Shipping Company (MSC)

The Mediterranean Shipping Company yang biasa disebut MSC merupakan perusahaan kapal kontainer internasional yang berasal dari Swiss. MSC telah beroperasi sejak tahun 1970.

Kini perusahaan tersebut termasuk salah satu perusahaan perkapalan terbesar di dunia. Apalagi jumlah kapal line-up yang dimiliki mencapai 456 kapal kontainer.

6. Hapag – Lloyd

Perusahaan Hapag-Lloyd merupakan perusahaan perkapalan yang bermarkas besar di Jerman. Dapat dikatakan sebagai perusahaan yang terkemuka dalam bidang penyedia layanan pelayaran internasional.

Hapag-Lloyd mulanya berdiri tahun 1970, merupakan hasil merger perusahaan Hamburg-American Line dengan North German company Lloyd. Saat ini diketahui Hapag-Lloyd memiliki lebih dari 140 kapal.

7. APL

APL merupakan suatu perusahaan tambahan dari Singapura Orient Shipping Lines. APL adalah nama singkatan dari American President Lines yang berdiri pada tahun 1848. Kapal-kapal kontainer yang beroperasi dibawah perusahaan APL memiliki rute ke berbagai negara dan antar benua.

Sampai sekarang diketahui APL menjadi perusahaan pertama berhasil menggunakan kontainer ekstra besar. APL mampu mengirimkan kontainer sebesar 53 kaki dan menyediakan akuntansi khusus transportasi kargo pendek .

8. China Ocean ShippingCompany (COSCO)

China Ocean Shipping Company yang biasa disebut COSCO adalah salah satu perusahaan perkapalan kontainer terbesar di Asia. Adapun rute pelayaran yang dilalui COSCO meliputi  40 negara. Jumlah armada kapal yang dioperasikan sekitar 150 kapal kontainer.

9. Hanjin

Hanjin adalah perusahaan kapal kontainer yang berasal dari Korea Selatan. Hanjin Shipping tergolong sebagai perusahaan penyedia kargo terbesar dari Asia dan di dunia. Diketahui

Ketika tahun 2003, Hanjin bersama dengan COSCO membentuk aliansi strategis. Dimana aliansi tersebut dimanfaatkan oleh konglomerat pengiriman ekspor-impor.

10. China Shipping Container Lines (CSCL)

China shipping container lines merupakan salah satu perusahaan yang berkantor pusat di Shanghai. Mulanya beroperasi pada tahun 1997 dan armadanya masih aktif sampai sekarang. Bahkan perusahaan ini dianggap sukses beroperasi dalam industri pelayaran kontainer.

Seperti itulah 10 perusahaan kapal kontainer terbesar di dunia. Rata-rata pelaut pasti mengenal perusahaan-perusahaan diatas. Apalagi kinerja armada dan profesionalitas perusahaan tersebut tersohor.