Fakta Tentang Sedot WC yang Masih Jarang Diketahui Umum

Fakta tentang sedot WC ini mungkin akan memberikan gambaran dan informasi lain mengenai keberadaan jasa tersebut. Pasalnya, masih ada banyak orang yang belum paham mengenai kinerja serta serba-serbi dalam proses penyedotan WC.

Meski terlihat sederhana, ternyata mengatasi saluran air atau WC yang mampet memang susah-susah gampang. Selagi permasalahan tergolong kecil, maka dapat diatasi sendiri. Namun, tak jarang langkah tersebut mengalami kebuntuan.

Fakta Unik Tentang Sedot WC yang Perlu Diketahui

Jasa sedot WC merupakan langkah praktis dan solutif yang sering dipilih masyarakat untuk mengatasi WC mampet. Namun, ada beberapa fakta tentang sedot WC yang mungkin belum banyak diketahui oleh umum. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Pekerjaan Mulai Dipandang Sebelah Mata

Fakta ini memang sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, yaitu memandang rendah suatu pekerjaan, termasuk petugas sedot WC. Alasannya cukup sepele, karena hal yang mereka kerjakan berhubungan dengan kotoran.

Namun, coba pikirkan sekali lagi, mampukah bertukar tempat dengan mereka? Kebanyakan orang pasti mengatakan tidak. Bukan hanya alasan mengenai ketrampilan atau peralatan yang digunakan, tetapi juga mental yang dibutuhkan.

Dengan merenungi fakta tentang petugas sedot WC ini diharapkan masyarakat dapat mengubah cara pandangnya. Semua profesi sama-sama mulia, asalkan tidak merugikan orang lain dan dilakukan dengan cara yang halal, begitu juga dengan petugas sedot WC.

2. Legalitas Usaha

Fakta tentang sedot WC yang satu ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh masyarakat, yaitu legalitas usaha. Ternyata, untuk mendirikan usaha sedot WC pun harus membuat perizinan ke lembaga yang berwenang, yaitu BLH atau Badan Lingkungan Hidup.

Hal ini penting untuk dilakukan, agar limbah hasil sedotan perusahaan tersebut tidak dibuang ke sembarang tempat dan mencemari lingkungan. Sebab, pemerintah sudah menyediakan tempat khusus untuk membuang dan mengolah limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Lantas, kenapa masih ada oknum-oknum yang melakukan pekerjaan tersebut secara illegal? Sebab, untuk mendapatkan legalitas tersebut tidaklah mudah dan biaya yang dikeluarkan juga lumayan. Namun, risiko kerugian dapat diminimalisir, karena terbebas dari penertiban.

5. Perhitungan Tarif yang Beragam

Fakta tentang tarif sedot WC menempati urutan berikutnya. Tidak sedikit orang yang merasa tertipu, karena biaya yang dikeluarkan tidak sesuai anggaran. Hal ini memang salah satu indikasi tindak penipuan, tetapi ada kemungkinan juga terjadi kesalahpahaman.

Berikut adalah fakta tentang sedot WC mengenai cara perhitungan tarif yang menjadi acuan para perusahaan :

  • Tarif dengan Sistem Ritase atau Borongan

Cara perhitungan yang pertama yaitu berdasarkan sistem ritase atau banyaknya mobil yang digunakan. Sistem ini biasa diberlakukan untuk tempat-tempat yang memiliki banyak pengguna, seperti fasilitas umum, pusat perbelanjaan, hotel, pabrik, maupun perusahaan.

  • Tarif dengan Sistem Ukuran Tangki atau Kubik

Cara perhitungan yang kedua yaitu menggunakan ukuran kubik atau kapasitas tangki armada yang digunakan. Ada tiga jenis yang dapat dipilih, yaitu tangki dengan kapasitan 2 kubik, 4 kubik, maupun 6 kubik.

  • Tarif dengan Sistem Strip

Berikutnya adalah cara perhitungan tarif yang sering jadi permasalahan, yaitu sistem strip. Perusahaan yang menggunakan sistem ini akan memberikan tanda strip di bagian belakang tangki. Jumlahnya pun cukup beragam, ada 8, 10, 12, 16, dan seterusnya.

Semakin banyak strip yang terisi limbah, maka tarif yang akan dibebankan juga semakin besar. Sebab, setiap strip memiliki harga sendiri, lalu dikalikan dengan jumlah yang strip yang dipakai.

6.Sedotan Limbah Dibawa Ke Tempat Khusus

Siapa yang pernah bertanya-tanya tentang ke mana sedotan limbah akan dibuang? Inilah untungnya mempelajari fakta tentang sedot WC, yaitu menambah wawasan. Ternyata, limbah hasil sedot WC akan dibawa ke tempat khusus yang sudah disediakan pemerintah.

Sekali lagi, hanya armada dari perusahaan legal yang boleh menyetorkan limbah ke dalamnya. Di tempat ini, limbah akan dipisahkan dari sampah-sampah yang tercampur ke dalam limbah kotoran. Setelah itu, limbah akan disaring, dibersihkan, lalu diolah.

Salah satu hasil dari pengolahan limbah kotoran adalah pupuk. Dengan serangkaian teknologi yang canggih dan terbarukan, limbah terjamin bersih dan aman, baik untuk tanaman ataupun lingkungan sekitar.

7. Septic Tank Mengandung Gas

Beberapa waktu lalu, ada sebuah peristiwa yang menggemparkan, yaitu septic tank di rumaj warga meledak. Kejadian yang menewaskan satu petugas ini, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai fakta lain tentang sedot WC.

Menurut peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI, peristiwa tersebut terjadi akibat akumulasi gas metana. Gas metana merupakan jenis gas yang terkandung dan terjebak di dalam septic tank.

Gas ini memiliki sifat yang mudah meledak, sehingga tidak disarankan untuk menyalakan sumber api di sekitar septic tank. Selain itu, dianjurkan untuk memberikan selang di atas penampungan untuk digunakan sebagai jalan keluar gas metana, agar tidak menumpuk.

Demikian 7 fakta tentang sedot WC yang masih jarang diketahui oleh umum. Semoga dapat menambah wawasan dan menghapuskan stereotip negatif terhadap petugas sedot WC, jika sedang mencari jasa sedot WC jakarta utara Anda dapat lihat di situs cv-mitrasabena.com.