Berbagai Fakta dan Letak Pulau Komodo, Finalis New Seven Wonders of Nature 2009

Berbagai Fakta dan Letak Pulau Komodo, Finalis New Seven Wonders of Nature 2009

Menyebut nama Pulau Komodo orang pasti akan tahu bahwa ini adalah sebuah pulau dimana hidup satwa langka yang bernama Komodo. Namun banyak orang tidak tahu dimana letak Pulau Komodo ini persis berada.

Pulau Komodo memang terkenal sampai ke mancanegara. Tahun 2009 nama ini semakin mendunia tatkala Pulau Komodo masuk menjadi salah satu finalis New Seven Wonders of Nature.

Nama Pulau Komodo waktu itu disejajarkan dengan Hutan Amazon Pulau Jeju, Air Terjun Iguazu dan beberapa nama lain yang akan memperebutkan posisi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Pada artikel kami kali ini kami akan paparkan dimana letak Pulau Komodo yang menjadi kebanggan Indonesia ini. Mau tahu? Yuk ikuti pembahasan berikut.

Letak Pulau Komodo di Ujung Barat NTT

letak pulau komodo

Pulau Komodo adalah bagian dari wilayah Nusa Tenggara Timur yang berada di ujung paling barat Nusa Tenggara Timur.

Secara admimistratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan termasuk dalam wilayah kecamatan Komodo.

Letak Pulau Komodo di Sebelah Timur Pulau Sumbawa

Dengan dipisahkan oleh selat Sape, letak Pulau Komodo ternyata berada di sebelah timur Pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa merupakan pulau terbesar di Propinsi Nusa Tenggara Barat dan merupakan salah satu dari dua pulau utama di NTB selain Pulau Lombok.

Jadi Pulau Komodo adalah bagian dari propinsi NTT yang bertetangga langsung dengan propinsi lain.

Asal Muasal Nama Pulau Komodo

Pulau Komodo konon berawal dari sebuah julukan. Julukan ini diberikan oleh seorang serdadu Belanda pada sekitar tahun 1910. Pada waktu itu, ia memberi tahu komandannya bahwa dia dan teman-temannya berada di wilayah Indonesia.

Dan untuk meyakinkan bahwa mereka benar ada di lokasi ini , dia harus membunuh seekor kadal besar dan membawanya dokumentasinya ke sebuah museum untuk diteliti. Setelah diteliti, ternyata hewan ini adalah Komodo. Konon semenjak itu, orang mulai menyebut nama pulau itu dengan sebutan Pulau Komodo.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo selalu menjadi salah satu destinasi wisata saat wisatawan mengadakan trip Labuan Bajo. Taman ini mencakup Pulau Komodo sendiri dan dua pulau di sekitarnya antara lain Pulau Rinca dan Gili Motang.  Luas kawasan Taman Nasional Komodo adalah 173.000 Ha yang meliputi wilayah darat maupun lautan.

Taman Nasional Komodo yang ditetapkan pada tahun 1980. Tujuan ditetapkannya wilayah ini sebagai Taman Nasional Komodo ini adalah untuk menjaga dan melindungi kelestarian hidup satwa yang hampir punah jenis Biawak yaitu Komodo.

Populasi Komodo kini diperkirakan kurang lebih 3000 ekor yang tersebar di Pulau Komodo dan beberapa pulau kecil lainnya.

Selain Komodo Taman Nasional Komodo juga terdapat 277 jenis fauna lain yang hidup didalamnya. Beberapa fauna juga hidup di dalam kawasan ini. Flora itu antara lain kayu Sepang, yang dipercaya masyarakat setempat adalah obat bagi kesembuhan beberapa penyakit.

Baca juga: Mengenal Suku Buton, Suku Bermata Biru Dari Sulawesi Tenggara

Di dalam kawasan taman Nasional Komodo terdapat 3 desa yang hidup di 3 pulau yang tersebar di dalamnya. Masing-masing satu desa untuk satu pulau. Desa-desa itu adalah Desa Pasir Panjang, desa Komodo, dan desa Papagarang.

Masyarakat yang tinggal di kawasan Taman Nasional Komodo ini secara otomatis turut menjaga kelestarian alam dan habitat di dalamnya.

Kebudayaan Masyarakat Pulau Komodo

Ada satu kebudayaan masyarakat terutama masyarakat kampung Komodo yang tetap hidup sampai sekarang. Mereka percaya bahwa mereka adalah saudara kembar Komodo.  

Penduduk Kampung Komodo percaya bahwa ketika mereka dilahirkan di dunia ini mereka dilahirkan bersama seekor Komodo. Jadi sampai kapanpun mereka akan percaya bahwa mereka memiliki hubungan darah dengan hewan langka tersebut.

Oleh karenanya, masyarakat Pulau Komodo selalu menjaga dan memeliahara kelestarian hewan ini. Setiap hari mereka hidup berdampingan dengan baik. Mereka memberi makan dan merawat Komodo denganpenuh kasih sayang.

ada satu lagi keistimewaan yang dimiliki masyarakat Pulau Komodo ini. Penduduk yang berasal dari Suku Bajo ini terkenal bisa berenang sampai kedalaman 25 meter selama 15 menit hanya dengan 1 kali tarikan nafas.

Sekian pembahasan kami mengenai beberapa fakta dan letak Pulau Komodo yang selama ini mungkin orang belum banyak tahu. Kiranya bermanfaat.