Pentingnya Pendidikan Di Indonesia Untuk Pembangunan Bangsa Di Masa Depan

Pentingnya Pendidikan Di Indonesia Untuk Pembangunan Bangsa Di Masa Depan

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai pentingnya pendidikan di Indonesia. 

Pendidikan adalah salah satu hal penting dan juga crucial yang harus dimiliki oleh manusia. Tanpa ilmu, seseorang atau sebuah bangsa akan dapat mudah dijajah oleh bangsa lainnya. Alasan inilah yang menjadikan pendidikan harus ditanamkan sejak usia dini, mulai dari pendidikan akademis hingga pendidikan cara bersikap seperti sopan santun dan saling menghargai.

Pentingnya Pendidikan di Indonesia Untuk Pembangunan 

Pendidikan juga menjadi dasar dalam pembangunan bangsa dan negara. Dengan pendidikan yang baik, maka setiap orang dalam memberikan manfaat lebih kepada sesama dan juga sumbangsi pada perkembangan bangsa itu sendiri.

Mengutip dari halaman kompasiana, mantan presiden, Susilo Bambang Yudhoyono pernah berkata bahwa sektor pendidikan dan kesehatan merupakan prioritas utama dalam kebijakan serta program pemerintah. 

Pak Susilo Bambang Yudhoyono pun sempat memberikan pidato kenegaraan pada HUT ke-69 Indonesia bahwa pendidikan lebih dari sekadar mengirim anak ke sekolah untuk belajar. Namun juga merupakan cara yang paling tepat untuk memberantas kemisikinan, meningkatkan kelas serta membangu Indonesia yang Modern.

Tokoh lain yang sempat memberikan pendapatnya tentang pentingnya pendidikan di Indonesia adalah pemenang Nobel Bidang Ekonomi, Profesor Amartya Sen. Ia pernah berkata bahwa kemajuan suatu bangsa terletak pada sektor pendidikan dan juga kesehatan. 

Jika mengingat kembali ke masa lalu, pada saat Indonesia baru mendapatkan kemerdekaan. Pendidikan di Indonesia saat itu dapat dikatakan sangat lemah. Masih banyak orang Indonesia yang masih minim dalam hal pendidikan, bahkan jumlah orang yang buta huruf juga masih sangat tinggi.

Meskipun begitu, saat ini juga masih terdapat beberapa daerah yang menganggap bahwa pendidikan itu tidak terlalu penting. Untuk mengatasi masalah ini, peran pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan menyediakan fasilitas belajar di daerah tersebut sangatlah penting. Hal tersebut tentu guna membuka mata mereka bahwa pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting.

Pendidikan Tidak Lagi Terbatas Hanya di Sekolah

Pentingnya Pendidikan Di Indonesia Untuk Pembangunan Bangsa Di Masa Depan
Gambar oleh Luisella Planeta Leoni dari Pixabay

Masih membahas mengenai pentingnya pendidikan di Indonesia. Saat ini, pendidikan bukanlah hal yang sulit lagi untuk dijangkau. Apalagi dengan tersedianya teknologi seperti internet dan gadget seperti saat ini, setiap orang dapat mendapatkan pendidikan yang mereka butuhkan, bahkan di luar sekolah.

Teknologi dan fasilitas internet ini membuat para penggunanya untuk mengakses materi pendidikan apa saja yang ingin pelajari dan mungkin dapat membantu memahami materi pelajaran secara cepat. Tidak hanya itu, penggunanya juga dapat mengakses informasi lebih luas seputar dunia dan membuka gerbang pengembangan potensi dirinya lebih lebar. 

Misalnya, menggunakan platform Youtube, pengguna internet dapat mempelajari berbagai materi pembelajaran melalui media video di dalamnya, mulai dari materi coding, desain, matematika, biologi dan lainnya.

Meskipun demikian, pendidikan di Sekolah tetaplah memiliki peranan yang juga lebih penting. Pasalnya di sekolah, para siswa tidak hanya memperoleh pendidikan akademis, namun juga dapat belajar secara langsung mengenai pendidikan lainnya tata krama, cara bersosialisasi, agama dan lainnya. Mengikuti bimbel, atau les private seperti les private Jakarta awesomeprivate.com juga dapat membantu memahami materi pelajaran yang ada di sekolah.

Selain itu, sekolah juga memberikan sertifikat resmi yang menjadi bukti resmi bahwa siswa tersebut telah menyelesaikan pendidikan secara formal. Hal tersebut tentu berbeda dengan pendidikan yang dilakukan otodidak, dimana pembelajarannya hanya mendapatkan pengetahuan dari kegiatan belajar yang dilakukan.

Meskipun keterampilan adalah hal yang jauh lebih penting, namun tidak dapat dipungkiri bahwa latar belakang pendidikan masih menjadi standar atau kualifikasi yang digunakan oleh banyak instansi di Indonesia saat ini.

Dibandingkan dengan saat ini. Meskipun belum sempurna, Indonesia memiliki sistem pendidikan yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan di masa lalu. Saat ini Indonesia memiliki ratusan ribu sekolah yang tersebar dan ditujukan untuk mendidik para generasi bangsa.

Baca juga: Berbagai Fakta dan Letak Pulau Komodo, Finalis New Seven Wonders of Nature 2009

Harapan Untuk Pendidikan di Indonesia

Seiring semakin masuknya Indonesia ke era globalisasi. Meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia menjadi salah satu PR besar yang harus dikerjakan oleh pemerintah saat ini. Jika tidak, maka sumber daya manusia yang dihasilkan di Indonesia tidak akan dapat mampu bersaing dengan sumber daya manusia dari negara lain.

Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, dimana setiap negara mulai membangun koneksi dan saling berinvestasi. Sumber daya manusia Indonesia tentunya diharapkan untuk dapat mampu berkompetisi dan beradaptasi dalam era persaingan kerja maupun bisnis di masa depan.

Selain itu, penyediaan dukungan dan fasilitas belajar juga harus menjadi hal lain yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Pasalnya, saat ini, masih cukup banyak sekolah-sekolah di pelosok negeri yang belum mendapatkan fasilitas belajar yang layak. Bahkan tidak sedikit juga daerah yang memiliki masalah akses untuk mencapai sekolah, sehingga mereka yang ingin belajar mengalami kesulitan untuk datang ke sekolah.

Dalam hal ini, tentunya pemerintah diharapkan dapat menyediakan fasilitas belajar, memberikan dukungan (seperti beasiswa) dan memperbaiki akses ke sekolah. Hal tersebut agar mempermudah para generasi muda untuk dapat memperoleh pendidikan yang baik.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pentingnya pendidikan di Indonesia. Semoga pembahasan yang kami sampaikan kali ini dapat membuka mata semakin banyak orang untuk tidak berhenti belajar dan mengembangkan diri. Terima kasih.